Skip to main content

Apa Itu Manajemen?

Hai sahabat blogger,

Apa kabar kuliah awal semester khususnya untuk para mahasiswa baru nih? Sebagai mahasiswa baru pasti ada susah mudahnya ya beradaptasi dengan suasana belajar baru. Oke, dari judul di atas udah ketebak akan bahas apa? iya kan?

Artikel ini akan membahas seputar manajemen yang saya dapat selama proses belajar mata kuliah Pengantar Manajemen dan Kewirausahaan. Dosen pengampunya adalah Ibu Dr. Selfi Budi Helpiastuti, S.Sos., M.Si.

Selama ini pernahkah kalian berpikir kalau semua lini kehidupan butuh manajemen? Contohnya saja, sebagai anak kos di kota orang, butuh dong keahlian manajemen? Apalagi kalau bukan manajemen keuangan dari awal hingga akhir bulan? Jika tidak ada keahlian manajemen apa yang akan terjadi? Hmm mungkin hanya makan alakadarnya ya.


Ilustrasi manajemen. Sumber: https://nframa.technology/it/

Lalu perusahaan yang gulung tikar kira-kira apa penyebabnya? Hutang menumpuk. Karena? Banyak Pengeluaran. Disebabkan? MANAJEMEN BURUK. Kok bisa?
Manajemen tidak hanya terpaku pada keuangan, ada beberapa hal yang WAJIB untuk dimanage. Diantaranya adalah sumber daya manusia, waktu, pemasaran, produksi, dan sebagainya. Ada beberapa contoh perusahaan yang bangkrut akibat kurangnya manajemen, diantaranya adalah Blackberry, 7-eleven, Sariwangi pailit, dan bahkan Net TV yang melakukan PHK massal akibat salah target marketing.

Eits, ada juga kok perusahaan-perusahaan di Indonesia yang melaju pesat akhir-akhir ini. Siapa nih yang tidak mengenal PT Indomarco alias Indomaret? Karena kemampuan manajemennya yang andal, swalayan mini ini mampu menembus pasar pelosok. Alfamart dan Geprek Bensu adalah contoh lain usaha-usaha yang sudah menjalar di kehidupan masyarakat.
Bisa disimpulkan, manajemen merupakan kunci dari keberhasilan sebuah perusahaan.

Dari pemaparan tadi, sudah tau dong apa sih manajemen itu. 
Manajemen diambil dari kata to manage yang berarti mengatur. Ada 6M yang harus diatur dalam manajemen yakni machine, man, money, material, method, dan market. Alasan mengapa keenam unsur ini harus diatur adalah agar unsur-unsur tersebut bisa digunakan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan.

Di sebuah perusahaan pasti ada seorang pemimpin. Nah pemimpin inilah yang mengatur segala unsur itu. Seorang pemimpin dituntut untuk menjadi pribadi yang tegas, tanggung jawab, dan andal dalam melaksanakan tugasnya. Jika kinerja pemimpin buruk, secara otomatis proses manajemen akan berdampak buruk. Misalnya saja dalam hal sederhana, jika salah instruksi maka hancur sudah semua rencana yang telah disusun. Sehingga akan berdampak pula pada pekerja, entah itu resign atau malah melakukan demo? Lalu pekerjaan yang seharusnya dikerjakan akan terbengkalai. Bangkrut lah setelah itu. 
Sebaliknya, pemimpin dengan kinerja yang baik akan berdampak positif bagi perusahaan. 

Bagaimana cara mengaturnya? 
Maka akan digunakan beberapa fungsi manajemen, antara lain:
1. Planning(perencanaan)
2. Organizing(pengorganisasian)
3. Actuating(pelaksanaan)
4. Controlling(pengendalian)

Adapun fungsi-fungsi lain seperti; directing(pengarahan), leading(memimpin), staffing(penyusunan kerja), motivating(motivasi), coordinating(pengkoordinasian), dan lain sebagainya.

Untuk mengatur machine, man, money, material, method, dan market dibutuhkan sebuah organisasi.
Organisasi adalah wadah atau tempat sekelompok orang yang berkumpul untuk berkerjasama secara sistematis mencapai tujuan yang sama.
Salah dua contoh sederhana organisasi dalam kehidupan sebagai mahasiswa adalah BEM(Badan Eksekutif Mahasiswa) dan Profis(Protokol FISIP).

Berlandaskan pemaparan di atas, James A.F. Stoner mengemukakan bahwa manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengoordinasian, dan pengawasan anggota organisasi dan proses penggunaan semua sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan(Muhammad Firdaus, Manajemen Agribisnis, 2008).
Dosen saya, Ibu Dr. Selfi Budi Helpiastuti, S.Sos., M.Si., menyampaikan filsafat manajemen adalah kerjasama saling menguntungkan, bekerja efektif dan dengan metode kerja yang terbaik untuk hasil yang optimal.

Beliau juga memaparkan asas-asas manajemen menurut Henry Fayol. Apa aja itu?
1. Pembagian kerja
2. Wewenang dan tanggung jawab
3. Disiplin 
4. Kesatuan perintah
5. Kesatuan jurusan/arah
6. Kepentingan umum
7. Pembagian gaji yang wajar
8. Hierarki
9. Keteraturan
10. Inisiatif
11. Kestabilan masa jabatan
12. Keadilan

Lalu, menurut penulis sendiri apa sih manajemen itu? 

Saya menyimpulkan bahwa manajemen adalah segala proses mengatur sumber daya secara efektif dan efisien untuk mencapai hasil yang optimal berlandaskan asas-asas manajemen.

Berakhir sudah pembahasan kali ini. Ternyata belajar manajemen menyenangkan. Perspektif saya mengenai manajemen adalah membosankan itu salah. Salah besar. Sama halnya jika kinerja pemimpin baik maka para pekerja akan semangat juga berlaku pada kelas saya waktu itu. Dosen yang asik dan menyenangkan akan berpengaruh positif, materi akan mudah diterima otak. Dr. Selfi Budi Helpiastuti contohnya yang terkenal dengan slogan Kuliah = Bersenang-senang.
Baiklah, sekian blog kali ini. Sampai jumpa.


Daftar pustaka:
Dokumen pribadi Dr. Selfi Budi Helpiastuti, S.Sos., M.Si.
Firdaus, Muhammad. 2008. Manajemen Agribisnis. PT Bumi Aksara : Jakarta.
https://nframa.technology/it/

Penulis: Novi Enjer Handayani
NIM: 190910101069
Kelas: A2 - Hubungan Internasional Universitas Jember 2019
Waktu Perkuliahan: Senin, 2 September 2019 (18:00-19:40)





Comments